Yang Khas dari Banyuwangi: Alat Musik dari Lesung Padi

0 51

Yang Khas dari Banyuwangi: Alat Musik dari Lesung Padi

Kabupaten Banyuwangi adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Banyuwangi. Kabupaten ini terletak di ujung paling timur Pulau Jawa, berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di utara, Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di barat. Pelabuhan Ketapang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pelabuhan Gilimanuk di Bali.
Kabupaten Banyuwangi selain menjadi perlintasan dari Jawa ke Bali, juga merupakan daerah pertemuan berbagai jenis kebudayaan dari berbagai wilayah. Budaya masyarakat Banyuwangi diwarnai oleh budaya JawaBaliMaduraMelayu, Eropa dan budaya lokal yang saling isi mengisi dan akhirnya menjadi tipikal yang tidak ditemui di wilayah manapun di Pulau Jawa. 

Ada banyak alat musik yang ada di banyuwangi salah satunya adalah alat musik dari lesung padi. Alat musik tradisional bisa diciptakan dari kebiasaan sehari-hari. Suku Osing di Banyuwangi misalnya, menjadikan lesung sebagai alat musik. Ini adalah hiburan mereka ketika sedang menumbuk padi. Kini, tradisi musik yang bernama Othek tersebut sudah jarang ditemui.

Alat musik tersebut merupakan lesung yang dibuat dari kayu. Bentuknya persegi panjang, dengan lubang untuk menumbuk padi di bagian tengah. Namun bagian yang dipukul dengan alu tak hanya tengahnya, namun juga bagian-bagian depan dan samping lesung.

Awalnya, tradisi ini dimainkan oleh Suku Osing saat masa panen padi selesai. Pertunjukannya selalu menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat kala itu. Othek juga biasa dimainkan saat hajatan.

Source https://travel.detik.com/ https://travel.detik.com/domestic-destination/d-2771543/yang-khas-dari-banyuwangi-alat-musik-dari-lesung-padi

Leave A Reply

Your email address will not be published.