Wujud Rasa Syukur, Warga Ponggok Gelar Kirab Budaya

0 108

Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72, warga Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten menggelar karnaval budaya pada Minggu pukul 13.30 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Dalam karnaval itu ada enam RW yang menampilkan berbagai kreasi dan potensi daerahnya masing-masing, seperti, wayang orang, hasil bumi yang dibuat gunungan, mobil hias, marching band dari kaleng dan ember bekas, robot cop, pakaian adat Jawa, ada juga yang berpakaian ala petani.

Ada beberapa peserta yang cukup kreatif dalam menampilkan karyanya, salah satunya adalah penampilan RW III Desa Ponggok yang mengusung tema transformer.

Dengan menumpuh jarak sekitar 5 kilometer, para peserta karnaval budaya mengelilingi Desa Ponggok. Sesampainya di Kantor Desa Ponggok, para peserta disiapkan makanan nasi tumpang yang memanjang hingga 50 meter.

Setelah itu, para peserta menampilkan kegiatan di halaman kantor desa seperti tarian, wayang orang dan cabang kesenian lainnya.

Kepala Desa Ponggok, Junedi Mulyono mengatakan, digelarnya kirab budaya tersebut selain memperingati HUT RI juga sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rezekinya kepada warga Ponggok melalui umbul atau mata air yang bisa dijadikan wisata air.

“Kirab ini diberi tema “Ponggok Bahagia” untuk membuktikan bahwa desa ini bisa maju serta mandiri, dan terwujud sesuai visi misi desa,” kata Junedi usai karnaval.

Source https://www.fokusjateng.com https://www.fokusjateng.com/2017/08/20/wujud-rasa-syukur-warga-ponggok-gelar-kirab-budaya/
Comments
Loading...