Wayang Kidang Kencanan, Kesenian Jawa Si Wayang Yang Tanggung, Cantik, Dan Mempesona

0 29

Wayang tidak pernah lepas dari Sunan Giri, Sunan yang termasuk dalam 9 Wali ini telah menciptakan berbagai jenis wayang yang ada di Indonesia. Sunan Giri telah menciptakan berbagai wayang, diantaranya wayang gedhog, wayang kethek dan wayang Kidang Kencana. Wayang Kidang Kencana adalah wayang yang berbentuk tanggung (tidak besar maupun kecil).

Bersama dengan Pangeran Tranggono (Sultan Demak), Sunan Giri memperkecil ukuran wayang Purwa. Sehingga ukuran wayang kidang kencana lebih kecil jika dibandingkan dengan wayang Purwa. Biasanya pedalang wayang ini adalah dalang wanita atau dalang anak karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Cerita dalam wayang Kidang Kencana hampir sama dengan cerita pada wayang Purwa atau kulit yaitu cerita Mahabarata dan Ramayana.

Wayang Kidang Kencana sangatlah unik, rambut pada wayang perempuan dilepas atau “diore”, memakai kalung, anting-anting, dan gelang di lengan atas yang disebut kelat bahu. Sedangkan untuk wayang laki-laki menggunakan pakaian seperti pangeran keraton. Para dewa, kera, dan raksasa menggunakan kain yang digulung di atas seperti arca-arca dari batu.

Selain itu, keunikan dari wayang Kidang Kencana adalah semua pakaian yang selayaknya dari emas, maka akan dliapisi dengan emas (dalam Bahasa Jawa diprada). Karena kemewahannya inilah maka wayang ini disebut Wayang Kidang Kencana. Wayang Kidang Kencana ini menjadi cikal bakal bentuk asli dari wayang kulit Banyumas tempo dulu. Pakeliran wayang Banyumasan mempunyai nuansa kerakyatan yang kental sebagaimana karakter masyarakatnya yang jujur dan terus terang. Ekspresinya pun bebas, sederhana dan lugas.

Wayang ini sangatlah langka dan saat ini disimpan di Museum Wayang Sendang Mas di Banyumas. Di museum ini disimpan bermacam-macam wayang seperti wayang kulit, wayang beber, wayang kancil, aneka jenis lainnya seperti wayang kulit Banyumas Kuno dan masih banyak lagi.  Museum Wayang Sendang Mas terletak di kota Banyumas.

Museum yang didirikan pada tanggal 31 Desember 1983 dan sekarang dikelola oleh Yayasan Seni Budaya Sendang Mas. Nama Sendang Mas adalah singkatan dari Seni Pedalangan Banyumas. Wayang Kidang Kencana yang ada di museum ini merupakan pemberian dari Haji Abdul Ikram.

Source https://www.bernas.id https://www.bernas.id/8702-wayang-kidang-kencana-si-wayang-tanggung-yang-cantik-dan-mempesona.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.