Warga Ponorogo Berebut Mendapatkan Apuah Agar Mendapatkan Berkah

0 113

Warga Ponorogo Berebut Mendapatkan Apuah Agar Mendapatkan Berkah

Warga Ponorogo memadati jalanan untuk mendapatkan apuah atau makanan ringan dari peserta kirab pusaka yang mengunakan kereta kencana. Tradisi bagi apuah ini menjadi unik di Kabupaten Ponorogo, yang setiap tahun digelar saat kirap pusaka dari kota lama ke kota baru.

Mereka yang menunggu apuah terdiri anak anak, orang tua dan muda. Sengaja keluar rumah dan menunggu di pingir jalan yang dilalui kirab pusaka. Mereka tidak mengenal panas atau  lelah demi untuk mendapatkan apuah dari para peserta kirab yang menaiki kereta kencana.

Bagi apuah atau membagikan permen dan jajanan ringan merupakan tradisi setiap grebeg suro. Warga menilai dengan mendapatkan makanan ringan atau apuah akan mendapatkan berkah .Hampir sepanjang 11 kilo meter jalanan penuh dengan orang. Dalam arak arakan kirab pusaka ini juga di ikuti semua Muspida Kabupaten Ponorogo mulai dari Bupati Ponorogo Ponorogo,Wakil Bupati, Kajari, Kapolres, Dandim ketua DPRD.

Source http://pojokpitu.com/ http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=69806&&top=1&&ktg=J%20Mataraman&&keyrbk=Peristiwa&&keyjdl=tradisi%20warga
Comments
Loading...