Warga Desa Tambong Wetan Klaten Gelar Kirab Budaya

0 9

Warga Desa Tambong Wetan Klaten Gelar Kirab Budaya

Warga Desa Tambong Wetan, Kecamatan Kalikotes, Klaten menggelar kirab budaya memetri Sendang Nyata Dadi. Acara diselenggarakan pada Minggu (26/8/2018). Pada kirab budaya warga merasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kausa, di mana sungai Sendang Nyata Dadi meskipun musim kemarau air tidak pernah kering.

Sendang ini bisa mengairi puluhan hektare sawah di Desa Tambong Wetan dan sekitarnya. Warga di sini sangat bersyukur bahwa sungai atau sendang ini meskipun kemarau panjang tidak surut air nya. Ini kirab sekaligus deklarasi.

Kirab budaya ini merupakan wujud melestarikan kearifan lokal. Dengan itu, sebagai warga Indonesia harus ikut mengembangkan serta melestarikan. Dalam kirab tersebut, warga juga melakukan deklarasi gerakan setop buang air besar sembarangan (BABS). Deklarasi dilakukan guna menjaga kebersihan sungai dan menjaga kesehatan warga. Selain itu juga untuk menjaga agar kebersihan air tetap terlindungi dari wabah penyakit.

Source http://www.solotrust.com/#openModal http://www.solotrust.com/read/10899/Warga-Desa-Tambong-Wetan-Klaten-Gelar-Kirab-Budaya-Sekaligus-Deklarasi-Setop-BABS
Comments
Loading...