Waktu Melakukan Upacara Tradisi Kupatan Jolosutro

0 100

Waktu Melakukan Upacara Tradisi Kupatan Jolosutro

Yogyakarta memang memiliki begitu banyak budaya. Salah satu budaya yang hingga saat ini masih tetap lestari adalah Kupatan Jolosutro. Kupatan Jolosutro bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa yang sudah melimpahkan karunia dan berkahnya sehingga hasil pertanian dapat berhasil.

Selain itu tradisi Kupatan Jolosutro dimaksudkan untuk memohon agar hasil pertanian pada masa mendatang bisa menjadi lebih baik. Di samping itu, acara Kupatan Jolosutro juga untuk mendoakan nabi Muhammad SAW serta para leluhur, termasuk Sunan Geseng agar dia selalu diberi berkah dan rahmat.

Upacara Kupatan Jolosutro ini dilaksanakan sesudah masa panen padi, tepatnya di Senin Legi bulan Sapar serta berlokasi di Jolosutro, Srimulyo, Piyungan, Bantul. Tetapi, karena waktu panen mengalami perubahan, tidak pasti bulan pasa dan nama pasaran juga tidak pasti Legi.

Sedangkan tangganya didasarkan pada tanggal Jawa yakni tanggal 10 hingga 15 ketika bulan purnama. Puncak acara ini dilaksanakan pada siang hari pada jam 14.00 hingga 16.00.

Pada hari Senin Legi, sesudah sholat dhuhur, jodhang-jodhang yang berisikan sesaji kenduri dari berbagai macam RT di wilayah Jolosutro dibawa kemudian dikumpulkan menjadi satu di lapangan Jolosutro. Sesudah semuanya siap, secara bersama-sama jodhang-jodhang ini segera dibawa ke makam Sunan Geseng dan diiringi dengan kesenian rakyat jathilan.

Acara dimulai dengan diawali sambutan Kepala Desa Srimulyo serta Camat Piyungan. Acara ini kemudian dilanjutkan dengan bacaan ikrar yang diucapkan juru kunci makam. Setelah itu diteruskan dengan membaca doa oleh kaum dan ditutup dengan makam bersama dari kenduri yang sudah disediakan.

Sesaji kenduri tersebut berupa nasi gurih, nasi ameng dan lauk pauk. Ada juga jajan pasar, dan hasil bumi atau palawijo. Semua yang hadir, termasuk wisatawan yang melihat event dan tradisi budaya ini juga diperbolehkan ikut menikmatinya.

Source http://hotelthecube.com/ http://hotelthecube.com/menikmati-kemeriahan-tradisi-budaya-kupatan-jolosutro-yogyakarta/
Comments
Loading...