Permainan Tradisional Wak Wak Gung Betawi

0 123

Wak Wak Gung

Wak wak gung adalah permainan tradisional anak yang berasal dari Betawi yang dimainkan lebih dari 4 orang, yang uniknya dari permainan ini adalah permainan ini mempunyai lagu yang berjudul sama dengan permainannya yaitu Wak Wak Gung.

Wak wak gung, nasinya nasi jagung, lalapnya lalap kangkung, sarang gaok di puun jagung, gang.. ging.. gung..

Tam tam buku, seleret daon delima, pete lembing pete peku

Tari belimbing tangkap satu, pit ala ipit kuda lari kejepit sipit, kosong ….. kosong ….. kosong, isi… isi ….. isi ….

Lagu tersebut dinyanyikan oleh semua orang yang bermain Wak Wak Gung. Cara bermain wak wak gung adalah sebagai berikut :

  1. Tentukan 2 orang penjaga yang membuat terowongan dari tangan mereka, pastikan mereka telah memilih 2 kata tanpa diketahui teman teman mereka yang akan berbaris mengitari terowongan itu (misal kata nya : bulan dan bintang)
  2. Nyanyikan lagu dan saat lagu berhenti, maka 2 penjaga itu menangkap 1 orang yang memasuki terowongan mereka dan menanyai dia mau pilih bulan atau bintang tanpa diketahui teman teman yang lainnya, setelah memilih kata, dia akan berbaris dibelakang salah satu penjaga
  3. Terus ulang sampai tidak ada lagi yang mengitari terowongan, jika sudah, para penjaga akan merebut anak buah mereka dengan cara memegang anggota tubuh anak buah nya masing masing
  4. Jika tidak ada anak buah yang berbaris dibelakang penjaga, berarti dialah yang kalah.
Comments
Loading...