Upacara Tunggul Wulung Yogyakarta

0 112

Upacara Tunggul Wulung Yogyakarta

Indonesia sudah terkenal sebagai bangsa yang memiliki budaya beraneka ragam. Budaya ini begitu melekat erat pada kehidupan masyarakat sehari-hari. Bahkan tidak sedikit diantaranya yang masih terjaga hingga saat ini. Salah satu tradisi budaya paling menarik dan hingga kini masih ada di masyarakat yaitu Upacara Tunggul Wulung yang digelar masyarakat Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Upacara Tunggul Wulung sendiri rutin dilaksanakan setahun sekali di Pedukuhan Dukuhan, Desa Sendangagung, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman sejak tahun 1960. Upacara adat ini digelar untuk mengenang sosok Ki Ageng Tulung Wulung yang merupakan bangsawan Majapahit yang lari saat kerajaan tersebut runtuh.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, Ki Ageng Tulung Wulung lari ke arah pedukuhan yang saat ini disebut Pedukuhan Diro. Setelah menetap di kawasan tersebut Ki Ageng Tulung Wulung mendirikan Pesanggrahan Mendiro.

Tapi di Pesanggrahan Mendiro pun Ki Ageng Tulung Wulung hanya sebentar tinggal. Setelah itu dia memutuskan melanjutkan perjalanan hingga mencapai wilayah Pedukuhan Dukuhan. Di pedukukan inilah konon Ki Ageng Tulung Wulung bertapa dan dipercaya moksa pada hari Jumat Pon tepat di bawah pohon timo.

Source http://hotelthecube.com/ http://hotelthecube.com/melihat-upacara-tulung-wulung-di-kabupaten-sleman-yogyakarta/
Comments
Loading...