Upacara Rabo Pungkasan Wonokromo Pleret

0 175

Upacara Rabo Pungkasan Wonokromo Pleret

Upacara Rabo Pungkasan Wonokromo Pleret adalah salah satu upacara adat yang ada di Yogyakarta atau lebih tepatnya berada di Desa Wonokromo, Pleret, Kabupaten Bantul. Upacara adat ini biasanya diselenggarakan pada hari Rabu terakhir (Rabo Pungkasan) pada bulan Syafaryang dimaksudkan sebagai wujud ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Pusat kegiatan upacara ini diadakan di depan Masjid dan seminggu sebelum acara ini berlangsung biasanya ada acara yang sifatnya keramaian (pesta rakyat). Seiring berjalannya waktu karena dianggap pesta rakyat ini mengganggu ibadah masjid maka kegiatan upacara ini dipindahkan ke depan Balai Desa di lapangan Wonokromo.
Dalam Upacara Rabo Pungkasan banyak acara kegiatan yang dilakukan yang bersifat hiburan seperti Perayaan Pasar Malam Sekaten. Puncak acaranya sendiri berupa Kirab Lemper Raksasa dari Masjid Wonokromo menuju Balai Desa Wonokromo. Kirab ini di awali pasukan kraton Ngayogyakarta, kemudian lemper raksasa, dan kelompok kesenian rakyat seperti Shalawatan, kubrosiswo, rodat dan sebagainya.
Pada akhir upacara, lemper tesebut akan dibagikan kepada masyarakat karena ini dianggap akan memberikan berkah tersendiri bagi mereka yang bisa membawa pulang lemper tersebut.
Source https://mahessa83.blogspot.com https://mahessa83.blogspot.com/2016/07/10-upacara-adat-yogyakarta-yang-masih-ada-hingga-sekarang.html
Comments
Loading...