budayajawa.id

Upacara Piodalan di Pura Pasek Karanganyar

0 18

Upacara Piodalan di Pura Pasek Karanganyar

Piodalan di Pura Pasek biasanya diselenggarakan saat bulan purnamasidi atau bertepatan dengan pengetan weton dari Ki Ageng Pasek. Upacara Piodalan selain dirayakan oleh para pengempon Pura umat Hindu di Karanganyar serta daerah Solo dan sekitarnya. Khususnya bagi mereka yang bermarga Pasek.

Salah seorang Pengempon Pura Pasek ini adalah juga warga dari Desa Kemoning Klungkung yang berdomisili di Solo adalah bapak Nyoman Nasa. Beliau selalu mengabdikan hari-harinya merawat pura tersebut. Menghubungkan cerita Pura Pasek yang ada di tanah Jawa dengan kabar yang berkembang di daratan Bali.

Pada akhirnya menumbuhkan keingintahuan untuk menelusuri lebih jauh tentang asal-usul nenek moyang keluarga mereka yang berdomisili di jawadwipa (pulau jawa). Saat kerajaan majapahit masih mengalami masa kejayaannya. Penelitian oleh setiap individu mengenai silsilah keluarga kemudian dituliskan ke dalam suatu babad.

Mengambil contoh dari salah satu Babad di atas yaitu Babad Pasek. Umat Hindu dari seluruh pelosok daratan Bali yang bermarga Pasek. Belakangan ini tidak hanya melakukan Tirta Yatra persembahyangan bersama ke Pura Dasar Gelgel Klungkung yang diyakininya sebagai induknya Pura Pasek di Bali. Tak hanya itu saja, melainkan juga melakukan Tirta Yatra persembahyangan bersama ke Pura Patilesan (peristirahatan) Ki Ageng Pemacekan yang oleh masyarakat Bali di yakininya sebagai induknya Pura Pasek.

Source https://sportourism.id/ https://sportourism.id/heritage/upacara-piodalan-di-pura-pasek
Comments
Loading...