Upacara Ngalaksa Masyarakat Suku Baduy

0 52

Upacara Ngalaksa adalah upacara lanjutan pasca Upacara Kawalu atau Ngawalu selesai. Bentuk ritual kegiatan upacara ini biasanya di isi dengan kegiatan atau upacara membuat laksa, yakni sejenis makanan adat semacam mie tetapi lebih lebar, atau seperti kuetiaw yang terbuat dari tepung beras. Jenis upacara ini wajib diikuti oleh seluruh masyarakat Baduy. Karena itu, keterlibatan warga sangat dijunjung tinggi pada saat Upacara Ngalaksa.

Keterlibatan seluruh warga Baduy dalam upacara ini karena salah satu kegiatan penting dari acara adat ini adalah dijadikan sebagai tempat perhitungan jumlah jiwa penduduk Baduy atau dalam dunia modern disebut dengan sensus penduduk, termasuk di dalamnya juga dilakukan penghitungan atas jumlah bayi yang baru lahir maupun janin yang masih dalam kandungan. Upacara ini dilakukan dengan tujuan untuk mengontrol laju perkembangan masyarakat Baduy itu sendiri.

Bagi masyarakat Baduy, dua jenis upacara di atas sangat bernilai sakral. Salah satu bukti ke-sakral-an itu terlihat dari ketatnya aturan yang harus dipatuhi. Seluruh warga Baduy tanpa terkecuali harus mengikuti jenis upacara tersebut dan bagi masyarakat di luar Baduy dilarang untuk menyaksikan, apalagi mengikutinya,  termasuk peneliti.

Source http://baduybantenheritage.blogspot.co.id/2011/08/ritual-upacara-sakral-orang-baduy.html http://baduybantenheritage.blogspot.co.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.