Upacara Loro Pangkon

0 577

Upacara Loro Pangkon

Upacara Loro Pangkon merupakan tradisi atau adat dalam suatu pernikahan yang berasal dari Mojokerto, Jawa Timur. Tradisi ini dikenal dengan sebutan Loro Panggon atau Jago Loro Panggon.

Biasanya upacara ini di lakukan dengan berjalan dan memikul pundukan yang menjulang tinggi yang berisikan kacang-kacangan, buah-buahan serta hasil bumi lainnya dari masyarakat setempat. Hasil bumi dari masyarakat di tandu dan dipikul oleh orang berjumlah empat dengan bambu yang menjadi pegangan untuk di pikulnya,biasanya berjalan dengan arak-arakan dan berbanjar lurus.

Dalam pelaksanaan Upacara ini busana laki – laki biasanya menggunakan jarik, sedangkan wanita menggunakan kebaya. Upacara ini memiliki suatu ketertarikan tersendiri yaitu adanya suatu dialog antara wakil pihak pengantin pria dengan wakil dari pihak pengantin putri yang berisikan di antaranya yaitu nasihat perkawinan.

Dari dialog ini wakil pihak dari pengantin laki-laki sambil menggendong seekor ayam  Jago yang akan di serahkan pada pihak pengantin wanita sebagai simbol. Dasar busana di ambil dari kitab sastra pada zaman Kerajaan Mataram .Kerajaan Mataram merupakan kerajaan yang  besar pada sekitar abad XIII sampai abad XIV.

 

Source Upacara Loro Pangkon wisata surabaya
Comments
Loading...