Upacara Kematian Di Banyumas

0 194

Upacara Kematian Di Banyumas

Tata upacara kematian di daerah Banyumas nampak adanya akulturasi kebudayaan zaman animisme, Hindu-Buddha dengan Islam. Pengaruh pra-Islam cukup kuat pada tradisi ini. Jika menurut tuntunan agama Islam yang dijalankan oleh mayoritas masyarakat perawatan jenazah terdiri atas empat hal pokok, yaitu; memandikan, mengafani, menyolatkan, dan menguburkan, dalam praktiknya masih ada prosesi lain yang dilaksanakan.

Yaitu menaburkan kembang setaman, beras kuning, dan uang logam di sepanjang perjalanan jenazah dari kediaman sampai ke makam. Sebagian kembang disebar di atas gundukan pemakamannya. Kelapa muda yang telah dipotong salah satu ujungnya sampai berlobang, diletakkan dekat nisan. Ada pula yang memberi sesaji dengan membakar kemenyan dan air dalam kendi di atas gundukan tanahnya.

Tradisi lain yang juga masih dilestarikan dalam rangka upacara kematian ini adalah kenduri nyusur tanah, semacam acara pembacaan mantra yang dilanjutkan dengan sesaji pada malam harinya. Kenduri juga diadakan pada hari ke-3, ke-7, ke-40 dan hari ke-100, bahkan hari ke-1000 dari hari kematian, karena menurut kepercayaan, pada hari-hari tersebut arwah orang yang sudah meninggal masih berada di sekitar rumah.

Source http://aminhidayatcenter.blogspot.com/ http://aminhidayatcenter.blogspot.com/2012/01/upacara-adat-banyumas-masyarakat-jawa.html
Comments
Loading...