Upacara Kematian Adat Jawa “Surtanah”

0 36

Upacara Kematian Adat Jawa “Surtanah”

Pulau Jawa merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki berbagai macam kebudayaan maupun tradisi. Salah satunya yaitu tradisi upacara kematian yang biasa disebut Surtanah yang akan dibahas pada artikel ini.

Surtanah memiliki arti yaitu ngesur tanah, yaitu membuat lubang untuk menguburkan jenazah. Jadi, surtanah bisa diartikan menjadi menguburkan jenazah ke dalam tanah. Ritual ini biasa dilakukan oleh masyarakat muslim yang tinggal di daerah Yogyakarta, pada hari meninggalnya seseorang tersebut.

Setelah acara penguburan jenazah, pihak keluarga, tokoh agama, dan masyarakat sekitar akan berkumpul di rumah duka. Mereka membaca dzikir atau biasa disebut “Tahlilan” yang dipimpin oleh tokoh agama setempat.

Setelah acara Tahlilan selesai, pihak keluarga akan membagikan sedekah berupa makanan kepada masyarakat yang hadir. Sedekah itu berupa makanan, seperti nasi tumpeng serta lauknya, dan buah-buahan seperti pisang. Sedekah ini disesuaikan dengan kondisi ekonomi pihak keluarga duka, yang terpenting yaitu niat untuk memberi sedekah yang harapannya pahala dari sedekah tersebut bisa sampai ke jenazah. Begitulah cerita mengenai Surtanah, semoga bermanfaat dan menambah wawasan ilmu serta budaya yang kita miliki di Indonesia.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Upacara-Kematian-Adat-Jawa-Surtanah/
Comments
Loading...