Upacara Jamasan Kereta Pusaka Keraton Yogyakarta

0 175

Upacara Jamasan Kereta Pusaka Keraton Yogyakarta

Upacara Jamasan Kereta Pusaka Kraton Yogyakarta dilakukan setiap malam Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon di bulan Suro bertempat di Museum Keraton Yogyakarta. Jamasan merupakan ritual untuk merawat dan membersihkan benda-benda pusaka yang dilakukan sejak berabad-abad silam oleh masyarakat Jawa dalam mengisi bulan Suro.
Berbagai macam Benda Pusaka milik Keraton Yogyakarta seperti Kereta, Gamelan, Keris, Tombakdan lain sebagainya di cuci yang diistilahkan dengan “Dijamasi” pada bulan Suro (Muharram) yang dilakukan pada hari istimewa yaitu Jum’at Kliwon atau Selasa Kliwon.
Salah satu proses Upacara Adat Yogyakarta Jamasan yang bisa dilihat oleh umum adalah Jamasan Kereta Pusaka Kanjeng Nyai Jimat. Kereta Pusaka ini merupakan kereta buatan Portugis tahun 1750-an hadiah dari Gubernur Jenderal Belanda dan menjadi tunggangan utama Sultan Hamengkubuwono I – IV.

Yang menarik dari prosesi Jamasa ini ribuan warga dari berbagai daerah selalu berebut air dari sisa cucian kereta karena percaya air tersebut memiliki berkah tersendiri.

Terima kasih telah membaca 10 Upacara Adat Yogyakarta yang hingga saat ini masih tetap ada dan berlangsung setiap tahunnya di Yogyakarta. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kita semua dan semoga tradisi di Yogyakarta ini tetap terjaga kelestariannya.

Source https://mahessa83.blogspot.com https://mahessa83.blogspot.com/2016/07/10-upacara-adat-yogyakarta-yang-masih-ada-hingga-sekarang.html
Comments
Loading...