Upacara Jalan Salib Gunung Gandul Di Kabupaten Wonogiri

0 244

Upacara Jalan Salib Gunung Gandul Di Kabupaten Wonogiri

Gunung Gandul Wonogiri selain terkenal sebagai objek wisata alam Wonogiri juga menyimpan potensi wisata lain. Terutama ketika mendekati hari peringatan wafatnya Yesus. Adalah prosesi Jalan Salib Gunung Gandul Wonogiri yang telah secara rutin digelar setiap tahun dan diajukan menjadi salah satu objek wisata religi atau spiritual oleh panitia penyelenggara.

Jalan Salib atau Jalan Penderitaan adalah rangkaian dari peringatan tiga hari suci, Kamis Putih, Jum’at Agung, dan Paskah. Prosesi Jalan Salib Gunung Gandul berlangsung seperti peringatan di lokasi lainnya, yaitu pada Jum’at Agung, hari Jum’at (tanggal merah pada kalender sipil “Wafat Isa Al Masih”) sebelum misa Paskah pada hari Minggu. Prosesi Jalan Penderitaan biasa dimulai dari jam 7 pagi.

Prosesi keagamaan umat Katolik ini mengisahkan prosesi penyaliban Yesus, kesengsaraan dan wafatnya Yesus, dalam bentuk drama yang biasa diperankan oleh pemuda Katolik. Dalam prosesnya, mereka akan berjalan mendaki bukit hingga puncak atau lokasi disalibnya Yesus (kurang lebih 3 kilometer). Dalam proses perjalanan menuju puncak, rombongan pemeran akan berhenti sebanyak 14 kali.

Yesus dihukum mati, Yesus memanggul salib, Yesus jatuh untuk kali pertama, Yesus berjumpa dengan ibu-Nya, Yesus ditolong oleh Simon dan Kirine, wajah Yesus diusap oleh Veronika, Yesus jatuh untuk kai kedua, Yesus menghibur perempuan-peremuan yang menangisi-Nya, Yesus jatuh untuk kali ketiga, pakaian Yesus ditanggalkan, Yesus disalibkan, Yesus wafat di kayu salib, Yesus diturunkan dari salib, dan Yesus dimakamkan.

Drama tentang penderitaan Yesus ini telah menjadi tujuan wajib bagi banyak warga. Tidak hanya dari Kabupaten Wonogiri tetapi juga banyak warga dari luar kota hadir ke Gunung Gandul untuk menyaksikannya. Tidak mengherankan jika prosesi Jalan Salib Gunung Gandul diajukan menjadi salah satu objek wisata spiritual Kabupaten Wonogiri. Hal itu juga dikarenakan terdapat potensi alam dari Gunung Gandul sendiri dan juga potensi ekonomi karena ada ribuan jemaah dan pengunjung yang makin bertambah setiap penyelenggaraannya.

Source http://chic-id.com http://chic-id.com/jalan-salib-gunung-gandul-di-kabupaten-wonogiri/
Comments
Loading...