Upacara Irung-Irung, Tradisi Tahunan Desa Cihideung, Lembang, Bandung Barat

0 210

Upacara Irung- Irung, Lembang Bandung Barat

Ritual budaya masih banyak dilestarikan warga Indonesia. Salah satunya ritual budaya yang rutin diselenggarakan di kawasan wisata Lembang ,Kab. Bandung Barat (KBB), yakni Upacara Irung-irung, Tradisi Tahunan Desa Cihideung, ParongpongDi mana tradisi  ini merupakan cara untuk mengungkapkan kepedulian warga pada lingkungannya.

Upacara Irung- Irung atau biasa disebut upacara membersihkan mata air (menyelamatkan selokan) yakni, bertujuan agar semua warga terutama warga Desa Cihideung,Parongpong (KBB) ini selalu memelihara atau melestarikan sumber mata air dan saluran air yang ada disekitarnya.

Adapun upacara adat ini telah diselenggarakan warga Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong, Kab. Bandung Barat (KBB), tepatnya di Kampung Kancah RT 03/14. Upacara sangat meriah dimulai dengan arak-arakan dari Padepokan Karang Kamuning menuju sumber mata air.

Bahkan anak-anak dan orang dewasa membawa beberapa jempana berisi hasil perkebunan dan tumpeng. Diiringi kesenian sasapian dan alunan musik tradisional. Kemudian dilanjutkan tawasul (doa) untuk leluhur, penyembelihan domba hitam dan juga dengan upacara perang air atau Cangkrub cai (bebelokan).

Seorang sesepuh setempat sekaligus penyelenggara Abah Nanu mengatakan jika upacara adat tersebut diselenggarakan yakni, untuk mengingatkan kembali pada warga akan pentingnya kepedulian terhadap lingkungan.

Source http://www.lembang.co/ http://www.lembang.co/upacara-irung-irung-tradisi-tahunan-desa-cihideung-parongpong/
Comments
Loading...