Upacara Grebeg Demak

0 24

Upacara Grebeg Demak tidak pernah bisa lepas dari para penjamas yang memiliki tuas suci mencuci pusaka-pusaka Sunan Kalijaga. Petugas penjamas memakai seragam destar biru, baju bolero hijau lipat kuning, celana batas lutut yang selaras dengan baju, bengkung remong dan kain kawung, dan ikat pinggang lebar.

Selain itu, penjamas memkai keris di pinggang, tangan kanan menggengam tombak dan tangan kiri menyandang perisai hard-board bergambar kepala naga, prajurit-prajurit ini berdiri tegak di depan dalem (kantor) Kabupaten. Itulah Tamtomo patang puluhan Keraton Bintoro yang berjumlah 36 orang dan 4 oarng Bintoro dengan seragam biru, selempang kuning berumbai. Mereka tampak gagah bersiap melakukan penjamasan.

Para Tamtomo patang puluhan siap menjalankan tugas mengawal minyak jamas. Di belakang mereka para niyaga memakai seragam jingga, akan mengiringi langkah-langkah para Tamtomo dengan gamelan, agar mereka bersemangat tak lekas capei. Arak-arakan ini mampu mengubah kota Demak sebagai salah satu tempat wisata sejarah di Jawa Tengah sekaligus obyek wisata di Pulau Jawa.

Prosesi Grebeg Besar Demak
  • Ziarah ke makam Sultan-Sultan Demak & Sunan Kalijaga
  • Pasar Malam Rakyat di Tembiring Jogo Indah
  • Selamatan Tumpeng Sanga
  • Slolat Ied
  • Kirab Budaya
  • Penjamasan Pusaka Peninggalan Sunan Kalijaga (Kutang Ontokusuma dan Keris Kyai Crubuk)
Source http://agussiswoyo.com http://agussiswoyo.com/obyek%20wisata/wisata-unik-tradisi-upacara-grebegan-di-kota-demak/

Leave A Reply

Your email address will not be published.