Upacara Dalungan Di Kecamatan Kebakkramat Karanganyar

0 27

Upacara Dalungan Di Kecamatan Kebakkramat Karanganyar

Dalungan adalah nama daerah dari mana tradisi ini berasal. Dusun Dalungan di Desa Macanan, Kebakkramat, kawasan di sisi utara Kabupaten Karanganyar, tradisi bersih desa ini berasal. Berbeda dengan tradisi bersih desa di kawasan lain di Karanganyar.

Di Dusun Dalungan warga masyarakat secara turun temurun dan bertahun-tahun menggunakan seni Tayub sebagai media perantara dalam upacara adat Dalungan. Pertunjukan Tayub dalam upacara adat Dalungan dipercaya sebagai perantara antara manusia dengan Dewi Kesuburan.

Upacara Dalungan rutin digelar oleh warga Dusun Dalungan setiap hari Jum’at Legi di bulan Ruwah dalam penanggalan Jawa. Upacara Dalungan digelar untuk memohon berkah keselamatan, ketentraman, kesuburan dan keamanan kepada Dewi Kesuburan. Penyelenggaraan upacara adat Dalungan dianggap sangat perlu dan penyelenggaraannya selalu digelar tepat waktu.

Prosesi salah satu potensi dan objek wisata budaya Karanganyar ini diawali dari sore hari sekitar jam 3. Pada prosesi awal upacara adat Dalungan ini, prosesi digelar di sebuah punden yang dipercayai warga ditunggui oleh Kyai Panjipuro dan Nyai Panjipuro serta Kyai Gendhongali.

Upacara diawali dengan pembacaan doa serta pemberian berbagai sesajian. Setelah prosesi pembacaan doa selesai, penari (ledhek) Tayub didaulat untuk membawakan tiga hingga lima buah lagu di kawasan itu. Hal itu dipercaya sebagai sarana penghibur para penunggu punden. Setelah prosesi Tayuban di punden selesai, pertunjukan Tayub kemudian berpindah kembali ke wilayah dusun.

Source http://chic-id.com/ http://chic-id.com/upacara-adat-dalungan-di-kecamatan-kebakkramat-karanganyar/

Leave A Reply

Your email address will not be published.