Upacara Dahar Klimah dalam Pernikahan Adat Jawa

0 785

Upacara Dahar Klimah dalam Pernikahan Adat Jawa

Upacara dahar klimah dalam pernikahan adat Jawa berlangsung setelah kedua mempelai duduk di pelaminan. Prosesi dahar klimah ini juga disebut ritual dulang-dulangan. Upacara ini juga menjadi tradisi yang tidak boleh dilewatkan pada acara pernikahan, karena prosesi ini juga mengandung makna dengan kepercayaan atau mitos dari nenek moyang yang bersifat turun-temurun.

Dahar klimah merupakan prosesi pernikahan dimana sang pengantin saling menyuapi satu sama lain nih Ladies. Makanan yang disajikan terdiri dari nasi dan lauknya. Lauk berisi lauk pindang hati. Pada pelaksanaannya, pengantin pria seharusnya mengepal nasi serta lauknya dengan beberapa kepal dan harus berjumlah ganjil yang kemudian didulangkan atau disuapkan dengan tangan telanjang kepada pengantin wanita. Namun, di jaman sekarang prosesi ini menjadi lebih modern dengan saling melakukan saling dulang atau saling menyuapi dengan sendok.

Makna ritual Dahar Kalimah ini adalah bahwa sebagai pasangan baik pengantin pria maupun pengantin wanita harus saling bekerjasama dalam rumah tangga, saling membantu, dan bahu-membahu. Sedangkan lauk pindang hati, memberi makna sebagai wujud dari kemantapan hati dalam memilih pasangan. Jadi, percaya atau tidak itulah mitos yang dipercaya dan terus menjadi tradisi yang harus dilakukan. Jika tidak dilakukan, biasanya pihak keluarga pengantin yang akan mendapat teguran.

Source Upacara Dahar Klimah dalam Pernikahan Adat Jawa Pernikahan
Comments
Loading...