Upacara Bekti Pertiwi dan Pisungsung Jaladri Jogjakarta

0 26

Upacara Bekti Pertiwi dan Pisungsung Jaladri

Bagi masyarakat Parangtritis dan sekitarnya di Kabupaten Bantul, Yogyakarta pasti sudah akrab dengan yang namanya Upacara Jaladri. Yakni upacara yang setiap tahun selalu dilaksanakan oleh masyarakat khususnya yang tinggal di daerah Mancingan, Parangtritis. Adat upacara ini sudah rutin dilakukan oleh masyarakat warga Dusun Mancingan sejak tahun 1989. Acara atau upacara ini selalu rutin diadakan sekali dalam setahun, namun untuk bulannya bisa berubah setiap tahunnya. Tujuan dari upacara ini tidak lain adalah untuk mengungkapkan rasa syukur masyarakat Parangtritis kepada Allah SWT. Upacara ritual ini juga biasa disebut dengan sedekah laut.

Arti dari upacara ini tidak lain yaitu, bekti yang berarti berbakti, pertiwi yang dapat diartikan sebagai bumi, pisungsung yang memiliki arti persembahan dan jaladri yang artinya laut atau samudra. Jadi jika digabungkan arti dari upacara ini yaitu wujud dari kebaktian masyarakat terhadap bumi dengan persembahan (syukur) dan melarung ubarampe ke laut.

Mekanisme pelaksanaan acara ini yaitu diawali dengan memberikan sesaji pada beberapa tempat yang dianggap sakral. Kemudian dilanjutkan dengan arakan masyarakat Parangtritis yang berjalan dari Rumah Joglo Parangtritis menuju tujuan akhir yaitu pesisir laut Parangkusuma dan diakhiri dengan labuhan ubarampe yang sudah dibawa dan disiapkan oleh masyarakat ke laut. Acara arakan ini biasanya di sebut dengan kirab gunungan dari hasil bumi. Masyarakat yang mengikuti upacara ini diwajibkan mengenakan pakaian adat jawa, serta membawa beberapa makanan yang disajikan dalam sudi, berupa nasi beserta lauk pauk, yang nantinya akan dilabuh.

Yang unik dari upacara adat ini yaitu, masyarakat akan ikut menceburkan diri ke laut untuk mengambil ubarampe yang sudah dilabuh. Karena dengan itu, mereka yakin akan mendapatkan keberkahan dari ubarampe tersebut.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Upacara-Bekti-Pertiwi-dan-Pisungsung-Jaladri/
Comments
Loading...