Upacara Akikah Betawi (Akeke)

0 85

Upacara Akekah merupakan upacara yang diperuntukkan bagi anak yang baru lahir. Biasanya upacara ini dipilih pada hari ketujuh, keempat belas, kedua puluh satu atau hari keempat puluh setelah kelahiran sang anak. Orang-orang Betawi biasa menyebut akekah sebagai akeke. Upacara ini digelar juga sebagai ungkapan rasa syukur orangtua atas kelahiran keturunan mereka.

Upacara akikah dalam tradisi budaya Betawi disebut dengan Akeke. Akeke adalah upacara selamatan pemberian nama dan mencukur rambut bayi. Pada upacara itu dipotong kambing, satu ekor untuk bayi perempuan dan dua ekor untuk bayi laki-laki. Hasil seluruh rambut yang dipotong atau dicukur dikumpulkan kemudian ditimbang dengan ukuran gram.

Jumlah timbangan Misalnya 5 gram, maka ayah si bayi yang sekarang sudah diberi nama, akan membeli emas sebanyak 5 gram. Jumlah uang untuk membeli emas yang 5 gram emas itu akan disumbangkan kepada anak yatim-piatu dan fakir miskin. Akeke juga dimeriahkan dengan pembacaan maulid Al-Barjanzi dan pembagian “berekat” (besek) untuk peserta kenduri.

Source http://budaya-indonesia.org/Upacara-Akikah-Betawi http://budaya-indonesia.org

Leave A Reply

Your email address will not be published.