Upacara Adat Ulur-Ulur, Bentuk Syukur Warga Tulungagung

0 157

Upacara Adat Ulur-Ulur, Bentuk Syukur Warga Tulungagung

Melestarikan tradisi leluhur dapat menumbuhkan kecintaan dan rasa memiliki yang dalam pada daerah asal. Sebab itu setiap daerah di Indonesia masih banyak yang menggelar upacara adat yang menjadi tradisi.

Warga Tulungagung menggelar upacara adat ulur – ulur yang sudah menjadi tradisi warisan leluhur. Kegiatan ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat yang diberikan. Berupa sumber mata air Telaga Buret yang sepanjang tahun mengaliri empat desa di wilayah Telaga Buret untuk mengairi sawah, sumber air baku dan manfaat lainnya.

Tradisi ulur-ulur merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh masyarakat empat desa di wilayah Telaga Buret antara lain Desa Sawo, Desa Ngentrong, Desa Gedangan dan Desa Gamping yang berada di wilayah Kecamatan Campurdarat Tulungagung.

Kegiatan ini diawali dengan prosesi arak arakan. Dalam arakan arakan ini terdapat tarian Reog Kendang, sesaji, serta pernak pernik pendukung upacara adat ulur-ulur lainnya.

Tradisi ini diharapkan terus dilestarikan dan berharap semoga kedepan masyarakat sekitar Telaga Buret khususnya selalu diberikan kemurahan rejeki dan kemakmuran. Dan senantiasa menjaga kelestarian hutan disekitar telaga, sehinga sumber mata air di telaga ini lestari sepanjang masa. Disamping itu, diharapkan kegiatan ini kedepan dapat dikemas lebih baik lagi dengan menambah kegiatan acara yang mendukung upacara adat ulur – ulur ini.

Source https://m.timesindonesia.co.id/ https://m.timesindonesia.co.id/read/153631/20170804/100319/upacara-adat-ulurulur-bentuk-syukur-warga-tulungagung/
Comments
Loading...