Upacara Adat Seren Taun ke 439

0 61

Kasepuhan Sirna Resmi di Desa Sirna Resmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi baru saja menyelenggarakan upacara adat Seren Taun ke 439, Minggu 8 Juli. Tidak hanya menarik wisatawan lokal, kegiatan tersebut juga menarik perhatian wisatawan.

Fleur Jepkema adalah salah satu wisatawan asing yang hadir menyaksikan upacara adat  seren taun. Gadis asal Belanda ini punya alasan tersendiri yang membuatnya datang ke Kasepuhan Sirna Resmi.

Wanita yang masih menyandang status mahasiswa itu mengetahui informasi tentang Kasepuhan Sirna Resmi dari rekannya. Kata Jepkema, Kasepuhan Sirna Resmi pernah dijadikan lokasi penelitian rekan satu kampus.

“Saya baru pertama kali hadir di acara ini. Saya ingin melihat keragaman budaya dan keunikan budaya Sunda,” tutur Jepkema.

Jepkema datang bersama tujuh orang rekan. Ia hadir di Kasepuhan Sirna Resmi jauh-jauh hari sebelum penyelenggaraan seren taun.

“Sudah sekitar tiga bulan,” kata Jepkema.

Jepkema mempelajari budaya dan tata sosial masyarakat Kasepuhan Sirna Resmi. Ia pun tengah mempelajari Bahasa Sunda, untuk mempermudah komunikasi dengan masyarakat adat.

Satu hal lain yang membuat Jepkema kagum adalah keramahan masyarakatnya. Termasuk budaya gotong royong yang menurutnya kini jadi ‘barang langka’ di Belanda.

“Kalau boleh, saya juga ingin menetap disini,” tutur Jepkema sambil tersenyum.

Source https://sukabumiupdate.com https://sukabumiupdate.com/detail/sukabumi/peristiwa/43020-Saat-Gadis-Belanda-Terpukau-Budaya-Gotong-Royong-Kampung-Adat-Sinar-Resmi
Comments
Loading...