Upacara Adat Nyuguh, Cara Masyarakat Kuta Ciamis Lestarikan Tradisi

0 335

Tradisi upacara adat Nyuguh, Kampung Kuta. Tradisi yang digelar setiap satu tahun sekali ini bisa dibilang sebagai hajat tahunan masyarakat Kampung Kuta. Kampung kuta sendiri terletak di Dusun Kuta, Desa Karang Paningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis

Acara Nyuguh ini biasa dilakukan setiap tanggal 25 Syafar dalam kalender Hijriah. Dalam hajat tahunan masyarakat Kampung Kuta, sering kali ditampilkan berbagai kesenian untuk memeriahkan acara. Pentas kesenian tradisional tersebut seperti Seni Gembyung, Seni Dog-dog, dan Seni Gondang.

Upacara adat kali ini dihadiri oleh Bupati Ciamis, Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, Dinas Sosial, Kapolsek Tambaksari, Camat Tambaksari dan Kepala Desa Karang Paningal.

Kepala Dusun Kuta, Didi berharap kearifan lokal yang ada dapat terjada dengan baik tentu dengan dibantu oleh Pemerinta Daerah Kabupaten Ciamis. “Saya berharap upacara adat yang dihadiri para budayawan dan Pemerintah Kabupaten Ciamis ini lebih meningkat, lebih ramai, dan bisa terus berlangsung tanpa dimakan zaman dengan kearifan lokalnya,” tutur Didi yang juga selaku ketua penyelenggara upacara adat Nyuguh.

Puncak acara upacara adat Nyuguh ini dilaksanakan sekitar sesudah adzan asar. Dan dilaksanakan di ujung Kampung Kuta yang menjadi perbatasan antara Jawa Barat dengan Jawa Tengah.

Source https://wartapriangan.com/2017/11/13/upacara-adat-nyuguh-cara-masyarakat-kuta-ciamis-lestarikan-tradisi/ https://wartapriangan.com
Comments
Loading...