Upacara Adat Mapas, dari Betawi

0 117

Setelah beberapa hari melahirkan biasanya di keluarga Betawi akan terlihat sibuk untuk mempersiapkan berbagai belanjaan seperti sayuran, buah, dan lauk pauk untuk melangsungkan upacara adat mapas. Upacara adat mapas diadakan pada waktu ibu baru saja melahirkan dan ibu yang menyusui bayinya.

Pada saat upacara mapas, si ibu yang baru saja melahirkan diharuskan memakan sayur papasan, yang isinya terdiri atas berbagai macam sayur-mayur yang banyak mengandung vitamin. Beberapa sayur yang biasanya ada ialah, kangkung, bayam, daun genjer, dan banyak lagi. Upacara ini mempunyai maksud agar ibu yang melahirkan memperoleh gizi yang cukup sehingga kesehatannya berangsur-angsur membaik.

Disamping itu upacara ini sebagai bukti bahwa ibu yang baru melahirkan mempunyai kasih sayang yang besar terhadap anak yang baru dilahirkan. Bila kondisi badan ibu sehat, ia dapat mengasuh dan memberikan air susu yang cukup untuk si bayi sehingga bayi itu sehat. Tempat upacara mapas dilakukan di rumah tinggal keluarga yang melangsungkan.

Upacara mapas ini diwariskan secara turun menurun dari generasi yang satu ke generasi berikutnya. Sekarang upacara ini sudah jarang terdengar, tetapi kegiatan makan sayur mayor masih terus dilanjutakn karena kesehatan sang ibu yang baru melahirkan harus dijaga. Para dokter pun menganjurkan kepada ibu hamil dan menyusui untuk menjaga kesehatan agar bayi dapat tumbuh sehat dan kuat.

Source http://budaya-indonesia.org/Upacara-Adat-Mapas http://budaya-indonesia.org
Comments
Loading...