Upacara Adat Labuh Saji Kabupaten Sukabumi

0 400

Upacara Adat Labuh Saji Kabupaten Sukabumi

Upacara Labuh Saji  merupakan adat yang berkembang di Palabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi Propinsi Jawa Barat. Upacara ini sebagai bentuk luhur dari masyarakat dan merupakan bentuk rasa syukur atas karunia yang di berikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada para masyarakat nelayan setempat.

Adat ini bertujuan untuk :

-Memberikan penghormatan kepada seorang putri yang mempunyai kepedulian terhadap masyarakat nelayan. putri tersebut bernama  Nyi Putri Mayangsagara.Putri tersebut adalah  seorang putri yang memulai melakukan upacara labuh saji sebagai tradisi setiap tahun, tradisi ini digelar sejak abad ke-15 yang berfungsi memberikan kado atau hadiah kepada Nyi Roro Kidul. Putri Mayangsagara melakukan upacara ini dimaksudkan agar pekerjaan mereka sebagai nelayan mendapat kesejahteraan.

Seiring dengan perkembangan zaman bahwa Nyi Putri Mayangsagara merupakan keturunan penguasa kerajaan Dadap Malang (kini masuk wilayah Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi) yaitu Raden Kumbang Bagus Setra dan Ratu Puun Purnamasari. Bagus Setra Sendiri merupakan keturunan Kerajaan Pakuan (Bogor) yang meninggalkan kerajaannya karena konflik, sehingga memilih tinggal di Dadap Malang.

Dalam upacara ini ditampilkan sepasang ayah dan putrinya yang menggambarkan Mayangsagara dan Bagus Setra yang diarak dari Pendapa Kabupaten Sukabumi ke dermaga Palabuhan Ratu. Dengan naik delman Mayangsagara dan Bagus Setra menjadi pusat perhatian selama pelaksanaan tradisi berlangsung.

Biasanya upacara adat ini dilaksanakan di  Kelurahan Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi, dan dilaksanakan setiap tanggal 6 April (Hari Nelayan). Sesuai dengan kepercayaan mereka, para nelayan dan masyarakat serta aparat pemerintah dalam ritual ini melabuh/menjatuhkan sesajen ke laut dengan harapan agar hasil tangkapan berlimpah setiap tahun dan memelihara hubungan baik dengan Nyi Roro Kidul.

 

Source Upacara Adat Labuh Saji Kabupaten Sukabumi budaya indonesia
Comments
Loading...