Upacara Adat Keboan, Ritus Magis Masyarakat Using Aliyan

0 22

Upacara Adat Keboan, Ritus Magis Masyarakat Using Aliyan

Dalam menyikapi hasil panen, masyarakat agraris Nusantara mempunyai ekspresi-ekspresi budaya yang beraneka. Salah satunya, masyarakat Using yang bertempat di Banyuwangi, tepatnya di Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, memiliki kebiasaan menggelar upacara Keboan yang terkenal magis dan mistis.

Desa ini—di samping Desa Alas Malang—adalah desa yang masih kekeuh mempertahankan tradisi lama mereka hingga saat ini. Mempertahankan Keboan bagi masyarakat Using, berarti melanggengkan bentuk kearifan lokal (local wisdom) yang dipandang memiliki nilai sakral yang adihulung.

Sementara di desa-desa yang lain, tradisi Keboan sudah bermetamorfosa dan mengalami transformasi yang cukup radikal, dari yang awalnya Keboan mistis dan magis, menjadi slametan yang begitu islami yang didalamnya diwarnai dengan bacaan-bacaan kalimah toyyibah dan adzan. Keboan, tampak masih mempertahankan tradisi lama, yaitu animisme dan hinduisme, di mana masyarakat Using telah mewarisinya dari leluhur mereka sejak sekian lama.

Disebut dengan Keboan karena di dalamnya ada ritus yang mendandani sebagian warga mirip dengan kebo (kerbau) yang dilengkapi tanduk buatan dan lonceng di lehernya sebagaimana ada pada hewan yang sering kali menjadi mitra petani itu. Agar tampak mirip dengan kerbau, mereka juga dilumuri dengan oli dan arang, sehingga warna kulitnya menghitam layaknya kerbau.

Source https://1001indonesia.net/ https://1001indonesia.net/keboan-ritus-magis-masyarakat-using-aliyan/
Comments
Loading...