budayajawa.id

Upacara Adat Ganti Walit Cirebon

0 102

Banyak Upacara adat di Cirebon tepatnya di bulan Maulud ini, diantaranya yang ada di daerah Trusmi Plered di tempat pusat batik cirebon ini ada sebuah upacara adat di makam kramat Trusmi Cirebon “Ganti Welit” namanya. Upacara yang dilaksanakan setiap tahun di Makam Kramat Trusmi ini bertujuan untuk mengganti atap makam keluarga Ki Buyut Trusmi yang menggunakan Welit (anyaman daun kelapa). Upacara ini dilakukan oleh masyarakat Trusmi Cirebon. Biasanya dilaksanakan setiap tanggal 25 bulan Maulud.

Sebelum penggantian welit, masyarakat  melakukan doa bersama di dua situs milik desa tersebut sebagai tradisi. “Atap dari bangunan sejarah ini dari daun alang-alang, sehingga dalam satu tahun sekali mengganti atapnya dengan yang baru, agar tempat sejarah ini tetap terawat kondisinya dan dilanjutkan dengan membersihkan pusaka peninggalan dari Ki Buyut Gesik maupun dari Ki Krapyak, yang ada di  petilasannya.

Dalam menggadakan upacara adat yaitu Ganti Walit, biasanya masyarakat cirebon melakukan buka sirap dan menggelar pagelaran wayang. Pagelaran wayang ini sudah menjadi tradisi yang mampir hilang.

Source Warga Trusmi Wetan Sambut Gembira Tradisi Ganti Welit Upacara Adat Ganti Welit / Selawean di Trusmi Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215: https://goo.gl/efW8Ef
Comments
Loading...