Upacara Adat Cing Cing Goling Gunungkidul

0 232

Upacara Adat Cing Cing Goling Gunungkidul

Gunungkidul merupakan Kabupaten yang kaya akan ritual adat dan tradisi. Sebagian besar tradisi tersebut berkaitan dengan cerita tutur atau legenda tentang pelarian orang-orang Kerajaan Majapahit. Biasanya tradisi mengisahkan kedatangannya saat kerajaan tersebut kalah dalam perang, serta kiprah dan perannya di tempat baru.

Beberapa tradisi menunjukkan peranan para pelarian yang menghuni berbagai tempat di Gunungkidul, baik mengenai pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, kepercayaan hingga sebagai tokoh yang paham mengenai ilmu olah tani dan sebagainya. Seperti halnya tradisi turun temurun yang masih lestari dilaksanakan oleh warga Desa Gedangrejo Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul ini, ritual upacara adat bernama Cing Cing Goling, sebagaimana disebut tokoh adat setempat, erat kaitannya dengan cerita runtuhnya Majapahit pada sekitar Abad 14 hingga 15 silam.

Dalam acara ini, biasanya para warga akan memasak Nasi Gurih. Mereka juga akan memotong ratusan ayam yang dimasak menjadi ingkung. Ditambah beberapa lauk lainya selain tempe yang berbahan kedelai. Dari penuturan salah satu tokoh masyarakat Desa Gedangrejo, ayam yang akan dimasak menjadi ingkung bisa mencapai 500-an ekor.

Setelah pemangku adat selesai memimpin doa pada ritual kenduri, kemudian dilaksanakan makan bersama, nasi gurih dan ratusan ingkung dibagikan ke warga dan siapapun yang hadir. Prosesi Kenduri berada dekat dengan bendungan buatan trah Majapahit tersebut.

Cing Cing Goling dapat dikategorikan sebagai upacara selamatan atau rasa syukur. Perayaan ini rutin dilakukan di dusun Gedangan, Gedangrejo, Kecamatan Karangmojo, Wonosari Gunungkidul. Pada saat perhelatannya Upacara Cing Cing Goling mampu menjadi magnet yang menarik perhatian masyarakat, baik yang berasal dari Kabupaten Gunungkidul maupun luar daerah.

Melihat potensi yang cukup besar tersebut, maka tahun 2009 lalu. Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berupaya untuk medata, mengkaji, dan mempromosikan Upacara Cing Cing Goling sebagai salah satu paket wisata budaya andalan Kabupaten Gunungkidul.

Source http://www.gedangsari.com/ http://www.gedangsari.com/cing-cing-goling-kembali-digelar-gedangan-ramai-penonton.html
Comments
Loading...