Ulin Kobongan, Seni Perpaduan Pencak Silat Dengan Seni Terabang Asli Purwakarta

0 59

Kobong adalah nama lain dari istilah pesantren. Dinamakan Seni Ulin Kobongan karena lebih dominan mengangkat akar-akar seni yang bernuansa Islami yang berkembang di setiap pesantren. Secara simbolis makna dari Seni Ulin Kobongan mencerminkan pembinaan sumber daya manusia melalui unsur-unsur Maenpo (bela diri pencak silat), Maos (membaca kitab suci Al-Quran) serta Mamaos (seni suara).

Pertunjukkan Seni Ulin Kobongan

Sebagai daerah berpenduduk mayoritas Islam, hampir di seluruh pelosok Kabupaten Purwakarta terdapat pesantren. Desa Sawah Kulon Kecamatan Pasawahan Kabupaten Purwakarta sebagai salah satu desa yang cukup potensial dalam pengembangan seni budaya, mencoba membuat kemasan yang bersifat konservasi melalui kolaborasi seni ibing pencaksilat dengan seni bernuansa Islami. Seni Ulin Kobongan serupa dengan Seni Terebang yang banyak kita temui hampir di setiap daerah di Jawa Barat. Seni Ulin Kobongan secara visual menyajikan gerak-gerak jurus pencak silat yang dijadikan menjadi suatu tarian diiringi dengan iringan seni terebang dengan membawakan lagu-lagu Nadoman (pupujian). Unsur-unsur tersebut terpadu dalam satu kemasan Seni Ulin Kobongan. Peralatan yang digunakan yaitu terbang, bedug, kendang, dan untuk pemainnya untuk terbang 5 orang, bedug 1 orang, kendang 1 orang, vokalis 5 orang, dan penari berjumlah 8 orang. Seperti halnya di Desa Sawah Kulon kolaborasi seni ibing Pencak Silat dipadu dengan seni terabang, terciptalah suatu kreasi baru dinamakan Seni Ulin Kobongan.

Source Ulin Kobongan, Seni Perpaduan Pencak Silat Dengan Seni Terabang. Ulin Kobongan, Seni Perpaduan Pencak Silat Dengan Seni Terabang. Ulin Kobongan, Seni Perpaduan Pencak Silat Dengan Seni Terabang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.