Ucing Jongkok Bandung

0 94

Ucing Jongkok

Tanah Sunda memiliki banyak sekali budaya. Namun sayangnya budaya tersebut hari demi hari telah sirna tanpa berbekas. Tentu ini menjadi masalah besar apabila tidak adanya tindakan dari khalayak muda untuk melestarikannya kembali. Maka melalui tulisan ini penulis berusaha untuk berupaya penuh dalam pelestarian budaya tanah Sunda tercinta.

Salah satu budaya yang menarik dari tanah sunda adalah permainan tradisional. Penulis saat masih lucu lucunya usia 5 – 8 tahun sering bermain aneka permain dari tanah sunda ini. Salah satu nya Permainan tradisional “Ucing Jongkok” yang populer saat penulis di usia belia.

Permainan ini cukup mudah. Satu orang akan bertindak sebagai “Ucing” yang tugas nya adalah menyentuh pemain lainnya agar menjadi “Ucing” lainnya. Apabila seluruh pemain telah menjadi “Ucing” maka permainan usai. Pemain yang berhasil bertahan paling akhir adalah pemenangnya. Permainan ini akan menjadi lebih asyik apabila banyak pemain yang terlibat namun dampaknya akan semakin capai pula karena tugas si “Ucing” akan semakin berat.

Di permainan ini hal menariknya terdapat pada teknis pemilihan “Ucing” pertama dan cara menyentuhnya yang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pertama – tama penulis akan menjelaskan teknis pemilihan “Ucing” terlebih dahulu.

Untuk memilih “Ucing” pertama ada permainan yang bernama Cang kacang panjang. Permainan ini dilaksanakan dengan cara membuat lingkaran oleh seluruh pemain lalu pemain akan berkata Cang kacang panjang nu panjang ucing sambil menggerakan tangannya secara memendek – memanjang dengan tempo yang berbeda setiap pemainnya. Pemain yang memiliki tangan yang panjang akan menjadi “Ucing” pertama. Cukup mudah kan kawan ?!!.

Selanjutnya ketika bermain, pemain tidak dapat disentuh apabila ia melakukan posisi jongkok. Inilah sebab mengapa dinamakan “Ucing Jongkok”. Namun pemain tidak dapat berdiri / bergerak sebelum disentuh pemain lainnya.

Nah kira kira begitu kawan kawan cara memainkan permainan tradisional “Ucing Jongkok” ini, silahkan kawan – kawan praktekan permainan ini. Tidak hanya untuk refreshing semata namun sebagai upaya penyelamatan budaya tanah sunda ini kawan. Agar kelak anak dan cucu kita dapat bermain dengan teman sebaya-nya dan tidak terpenjara di dunia gadgetnya saja.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Ucing-Jongkok/
Comments
Loading...