Tujuan Tradisi Upacara Adat Larung Sesaji Sumberejo

0 912

Tujuan Tradisi Upacara Adat Larung Sesaji Sumberejo

Tujuan dari pelaksanaan tradisi upacara adat larung sesaji agar tidak di ganggu oleh makhluk gaib. Kemudian tujuan tersebut berkembang untuk memohon keselamatan pada saat mencari ikan dilaut serta agar diberikan hasil tangkapan ikan yang banyak.

Kemudian pada perkembangan selanjutnya, tradisi upacara adat larung sesaji bertujuan sebagai ungkapan balas budi para nelayan terhadap hasil tangkapan ikan yang diperoleh. Sejak adanya masyarakat yang menyaksikan tradisi upacara adat larung sesaji, dan semakin banyak masyarakat yang antusias, upacara tersebut bukan lagi upacara yang sakral, tetapi sudah bercampur menjadi aset wisata.

Tradisi upacara adat larung sesaji tambah tahun semakin banyak dikenal masyarakat karena merupakan budaya yang khas dan unik. Kemudian dari generasi ke generasi berikutnya, pelaksanaan tradisi larung sesaji tidak lagi hanya menaruh sesaji saja. Tetapi ditambah dengan acara pagelaran wayang kulit yang dibawakan oleh seorang ki dalang dan sampai sekarang pagelaran wayang kulit terus digunakan sebagai hiburan kepada masyarakat.

Menjadi keistimewaan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung pada saat perayaan tersebut. Selain melihat langsung ritual yang dilakukan, mereka juga akan disuguhi berbagai macam hiburan yang menarik dan kerajinan tangan khas masyarakat setempat.

Source https://visitwatuulo.blogspot.com/ https://visitwatuulo.blogspot.com/2017/08/larung-sesaji-tradisi-adat-masyarakat.html
Comments
Loading...