Tujuan Saparan Kalibuko, Adat Istiadat di Kulon Progo

0 196

Saparan Kalibuko merupakan warisan budaya nenek moyang yang dilaksanakan sejak kurang lebih tahun 1400. Hingga sekarang tradisi ini masih tetap dilaksanakan, karena tradisi ini merupakan naluri dan juga merupakan tradisi masyarakat Kalibuko. Mereka menganggap bahwa pada prinsipnya tradisi adalah suatu kebiasaan yang berlakunya berdasarkan norma-norma tertentu dan jangan sampai dilanggar.

Adapun tujuan dilaksanakan Saparan ini untuk memperingati atau mengenang jasa-jasa para wali saat bersidang atau bermusyawarah di daerah itu guna memilih seorang raja yang akan mcmerintah pulau Jawa. Di samping untuk memohon keselamatan kepada Tuhan agar seluruh warga Kalibuko khususnya dan masyarakat Desa Kalirejo pada umumnya senantiasa mendapat berkah dan selalu dalam lindungan-Nya. Selain itu juga untuk melestarikan tradisi warisan nenek moyangnya dan sekaligus pembinaan pada generasi muda supaya mereka tidak lepas dari akar budayanya.

Source http://wisatadanbudaya.blogspot.com/2010/11/tradisi-dan-makna-simbolik-saparan.html http://wisatadanbudaya.blogspot.com
Comments
Loading...