Tujuan Gejlok Lesung Yogyakarta

0 119

Tujuan Gejlok Lesung Yogyakarta

Menurut masyarakat yang berada di Yogyakarta, kesenian Gejlok Lesung ini adalah bentuk ucapan syukur kepada Dewi Sri atau Dewi Padi. Kepada sosok dewi ini masyarakat memberi rasa terimakasih karena telah berhasil mendapat hasil panen yang melimpah.

Bukan hanya itu, kesenian Gejlok Lesung dulunya juga sering dimainkan ketika gerhana tiba. Menurut kepercayaan yang dianut oleh masyarakat kuno, ketika gerhana matahari dan bulan terjadi, hal tersebut disebabkan karena ada raksasa Batara Kala sedang memakan bulan atau matahari sehingga langit menjadi gelap.

Kemudian, masyarakat menabuh seluruh benda termasuk melakukan Gejlok Lesung, agar si raksasa Batara Kala memuntahkan kembali matahari dan bulan, sehingga gerhana segera bisa berakhir. Gejlok Lesung sangat dipercaya oleh masyarakat sebagai alat pengusir Batara Kala ketika gerhana datang.

Di luar itu, Gejlok Lesung dikenal sebagai seni yang selalu membawa keceriaan. Permainan akustik petani ini dulu juga sering dimainkan saat malam bulan purnama atau malam terang bulan. Musik ini dipakai untuk hiburan anak-anak yang sibuk bermain di halaman rumah.

Source http://hotelthecube.com http://hotelthecube.com/gejlok-lesung-yogyakarta-seni-musik-tradisional-unik-berbasis-kerakyatan/
Comments
Loading...