Tradisi Tukar Kembang Mayang Dalam Pernikahan Adat Jawa

0 53

Tradisi Tukar Kembang Mayang Dalam Pernikahan Adat Jawa

Dalam upacara Panggih, kembar mayang biasanya berjumlah empat buah dan diletakkan di sebelah kanan dan kiri dekor/rono. Ketika upacara panggih akan dimulai, dua buah kembar mayang dikeluarkan oleh dua orang manggolo (yang ditunjuk untuk menjemput pengantin pria).

Sedangkan dua kembar mayang yang lain dibawa oleh dua orang putri domas mengiringi penganten putri. Saat ritual adat berlangsung dalam jemuk pengantin. Dua buah kembar mayang yang mengiringi pengantin pria (dari luar) ditukarkan dengan dua kembar mayang yang mengiringi pengantin putri.

Kedua kembar mayang dari luar tersebut selanjutnya mengiringi kedua mempelai hingga pelaminan. Sedangkan dua kembar mayang yang lain dibawa keluar dari tempat resepsi. Dan biasanya dibuang di atas genting tuan rumah (orang tua pengantin wanita). Pertukaran kembang mayang memberikan arti telah “ditukarnya” kedua mempelai dan bergabungnya mereka dalam keluarga baru mertuanya sehingga menjadi ibarat anak sendiri.

Source http://yuni-1991-adatbudayajawa.blogspot.com/ http://yuni-1991-adatbudayajawa.blogspot.com/2011/12/tukar-kembang-mayang.html
Comments
Loading...