Tradisi Tawur Nasi Rembang

0 57

Tradisi Tawur Nasi Rembang

Setiap tahun, warga Desa Pelemsari Kecamatan Sumber, Rembang menggelar tradisi tawur nasi. Acara itu bertepatan dengan sedekah bumi sebagai wujud rasa syukur keberhasilan panen warga setempat.  Ratusan warga saling melempar nasi satu sama lain sebagai wujud rasa syukur atas melimpahnya pangan setelah berhasil panen. Selain sebagai rasa syukur, Tradisi Tawur Nasi juga dianggap bisa menjadi tolak bala bencana agar tidak menimpa warga sekitar.

Sebelum digunakan dalam prosesi Tawuran, nasi sebelumnya diarak mengelilingi desa. Kemudian para sesepuh desa berkumpul untuk membacakan doa-doa terhadap nasi yang akan digunakan sebagai alat tawuran. Salah satu peserta tawur nasi, Makruf yang juga merupakan warga desa setemoat mengaku mengikuti tawuran dengan rasa suka cita. Justru ia senang bisa ikut andil dalam perayaan tersebut.

Prosesi tawur nasi itu, puluhan warga terutama anak-anak muda langsung mengambil nasi yang telah disiapkan. Mereka membawa wadah saat Tawuran berlangsung. Mereka pun baku lempar saat berhadap-hadapan. Tidak ada rasa dendam seusai acara. Semua bersyukur karena panenan melimpah dan warga berharap panenan musim berikutnya juga baik dan tidak gagal panen.

Source https://news.detik.com https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3602126/tawur-nasi-tradisi-unik-tolak-bala-di-rembang

Leave A Reply

Your email address will not be published.