Tradisi Sky Lumpur Nelayan Pantura

0 223

Tradisi Sky Lumpur Nelayan Pantura

Tradisi  Sky Lumpur dikenal luas di masyarakat nelayan pesisir pantura, khususnya dikalangan anak-anak dan generasi muda desa Karang Kering kecamatan Kebomas Gresik Jawa Timur yang sehari-harinya bergelut dengan lingkungan pantai. Namun sayang, kehadiran banyaknya industri yang tepat berada di sepanjang pesisir desa karang kering membuat akses warga menuju pantai menjadi hilang sehingga  mengancam  keberadaan tradisi sky lumpur yang sudah ada sejak nenek moyang mereka. 

Tradisi Ski Lumpur merupakan tradisi turun temurun warisan leluhur desa Karang Kering yang bertujuan untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal. Sky Lumpur ini bagi masyarakat adalah media untuk bermain, bercengkrama dan berdialog dengan alam.   Dengan tradisi tersebut, generasi muda dapat mencintai dan melestarikan lingkungan kususnya pada keragaman hayati yang terdapat di bibir pantai maupun laut lepas.

Permainan sky lumpur dimainkan dengan sederhana, cukup dengan sebuah papan yang dilengkapi dengan kemudi berbahan kayu, lalu dimainkan bersama teman-teman sepermainan, tak jarang mereka bernyanyi dan bersendau gurau hingga membuat sekujur tubuh belepotan lumpur, biasanya warga desa Karang kering yang kebanyakan bermata pencaharian sebagai  nelayan  di Teluk Lamong tersebut,  setiap tahun mengadakan kegiatan Tradisi ski lumpur lebih-lebih disaat musim panas tiba. Permainan Ski Lumpur ini dimulai seusai anak-anak menuntut ilmu di sekolah dan bertujuan untuk mengenalkan lingkungan di wilayah desanya, sehingga keberadaan pesisir tersebut dapat dilestarikan dan tidak hilang begitu saja.

Source http://seputarpembaharuan.blogspot.co.id/ http://seputarpembaharuan.blogspot.co.id/2012/05/tradisi-sky-lumpur-nelayan-pantura.html
Comments
Loading...