Tradisi Shalawatan Di Madura

0 26

Tradisi Shalawatan Di Madura

Madura adalah salah satu suku di kawasan pulau Jawa yang mayoritas penduduknya adalah muslim, dan salah satu suku di Indonesia yang sangat kental sekali menjaga tradisi atau adat nenek moyangnya. Kebanyakan tradisi di Madura adalah tradisi Islami. Salah satu tradisi di Madura yaitu Shalawatan.

Shalawatan di Madura dilaksanakan dengan cara yang berbeda. Jika pada umumnya shalawatan dilaksanakan di dalam Masjid, kegiatan shalawatan masyarakat Madura ini diselenggarakan di rumah-rumah. Penyelenggaraan di rumah-rumah ini secara bergantian.

Misalnya, hari ini diselenggarakan di rumah Pak Ahmad maka seminggu kemudian diselenggarakan di rumah tetangganya, dan seterusnya sampai kembali ke rumah yang awal kembali. Shalawatan yang diadakan bergantian ini memberikan pelajaran akan rasa tanggung jawab akan hal itu. Sehingga sejak jauh-jauh hari masyarakat sudah menyiapkan berupa materi dan sebagainya yang berhubungan dengan kegiatan shalawatan ini. Bukan hanya itu kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun rasa persaudaraan antara sesama mereka.

Tidak heran jika suatu ketika tetangganya membangun rumah ataupun merenovasi rumah tetangga yang lain juga turut membantunya. Shalawatan rutin biasanya diadakan tiap malam Jum’at dan malam Selasa itu sejatinya bukan hanya kegiatan Shalawatan.

Tetapi didalamnya juga ada Yasinan, yang mana Yasinan ini di baca sebelum shalawatan, artinya shalawatan itu dimulai dengan pembacaan surah Yasin. Karena Yasinan ini merupakan bacaan yang sudah mentradisi dikalangan masyarakat Madura yang selalu dibaca tiap malam Selasa dan malam Jum’at. Hingga aktivitas mengajipun saat itu diliburkan.

Source http://simpulanilmu.blogspot.com/ http://simpulanilmu.blogspot.com/2017/10/tradisi-dan-upacara-islami-madura.html
Comments
Loading...