Tradisi Sendang Sidukun Di Temanggung

0 24

Tradisi Sendang Sidukun Di Temanggung

Sendang Sidukun merupakan sebuah sendang yang mempunyai mata air jernih yang juga menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat setempat. Sendang ini tepatnya berada di Desa Traji, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung.

Ritual yang dilakukan tepat pada malam satu suro ini dilakukan dengan menguras sendang yang berukuran 9×25 meter dengan kedalaman kurang lebih 2 meter. Acara puncak dari ritual ini adalah mengkirab lurah dan istrinya dari kediamannya menuju ke sendang untuk mengadakan ritual inti.

Kemudian dilanjutkan ke Balai Desa yang disana merupakan tempat digelarnya wayang kulit semalam suntuk. Ritual ini selain untuk meneruskan tradisi yang sudah berjalan ternyata mempunyai kisah mistis dibaliknya.

Tradisi Sendang Sidukun digelar oleh masyarakat Desa Traji setiap malam satu suro atau tahun baru hijjriyah. Tradisi Sendang sidukun diawali arak-arakan yang dipimpin oleh kepala desa beserta istri. Dengan berpakaian ala kerajaan menuju mata air sendang sidukun.

Mata air sendang sidukun terletak dijalan raya Parakan – Sukorejo dengan mengusung sesaji dan 2 gunungan hasil bumi kemudian ritual ini diikuti oleh masyarakat berbagai daerah berpakaian adat jawa. Sesaji terdiri nasi tumpeng,ingkung ayam, jajan pasar, kemenyan, kepala kambing,sedangkan dua gunungan berisi kacang panjang, cabai, sawi, bawang merah- putih, terong, singkong .

Source http://www.tanahnusantara.com/kisah-mistis-dibalik-ritual-satu-suro-di-sendang-sidukun/ https://www.plukme.com/post/1522676428-tradisi-unik-masyarakat-temanggung

Leave A Reply

Your email address will not be published.