Tradisi Sedekah Bumi Warga Kedanyang Gresik

0 349

Tradisi Sedekah Bumi Warga Kedanyang Gresik

Tradisi sedekah bumi merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat di pulau Jawa yang sudah berlangsung secara turun temurun. Ritual sedekah bumi ini biasanya dilakukan oleh mereka pada masyarakat Jawa yang berpotensi sebagai petani, nelayan yang menggantungkan hidup keluarga dan sanak saudara atau sanak keluarga mereka dari mengais rizki dari memanfaatkan kekayaan alam yang ada di bumi.

Bagi masyarakat Jawa khususnya para kaum petani dan para nelayan tradisi ritual turun temurun yang di adakan setahun sekali atau tahunan semacam sedekah bumi bukan hanya merupakan sebagai rutinitas atau ritual yang sifatnya tahunan belaka. Akan tetapi, tradisi sedekah bumi mempunyai makna yang lebih dari itu, upacara tradisional sedekah bumi itu sudah menjadi salah satu bagian yang sudah menyatu dengan masyarakat yang tidak akan mampu untuk dipisahkan dari budaya jawa yang menyiratkan symbol penjagaan terhadap kelestarian yang khas bagi masyarakat agraris maupun masyarakat nelayan khususnya yang ada di pulau jawa.

Warga Desa Kedanyang, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, menggelar tradisi sedekah bumi. Mereka melakukan kirab gunungan setinggi 3,5 meter yang berisi hasil bumi sebagai tanda syukur atas melimpahnya hasil panen. Ratusan warga ikut mengarak tumpeng raksasa itu ke tempat acara yang jaraknya sekitar 100 meter. Gunungan tersebut nantinya akan diperebutkan oleh warga. Selain bermakna syukur, sedekah bumi ini merupakan simbol persatuan dan kebersamaan masyarakat. Kebersamaan itu tanpak dari besarnya partisipasi warga terhadap pelaksanaan sedekah bumi, termasuk dalam hal penganggaran dana.

Source http://beritagresik.com http://beritagresik.com/lifestyle/wisata/12/08/2017/warga-kedanyang-kebomas-gelar-sedekah-bumi.html
Comments
Loading...