Tradisi Sedekah Bumi Surabaya

0 326

Tradisi Sedekah Bumi Surabaya

Kota Surabaya saat ini sudah maju dan berkembang menjadi kota Metropolis yang penuh dengan polesan teknologi. Bahkan balutan Teknologi Informasi sudah di terapkan di berbagai bidang yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya dan mempunyai efek yang cukup positif di masyarakat. Bahkan Kota Surabaya telah menjadi jujukan banyak kota lainnya untuk belajar tentang teknologi. Namun, meskipun telah menguasai teknologi dengan baik, Kota Surabaya adalah kota yang tidak lantas melupakan adat – istiadat bangsa yang telah mengakar secara kuat di masyarakat. Salah satu adat – istiadat yang masih ada di Kota Surabaya ini adalah Ritual Sedekah Bumi Surabaya.

Ritual Sedekah Bumi Surabaya di Kota Surabaya ini tentunya berkaitan erat dengan latar belakang kota ini yang dulunya berbentuk Kerajaan. Hal ini bisa di buktikan dengan adanya Kampung Keraton, Kampung Carikan dan Kampung Kepatihan yang merupakan sisa-sisa dari Kerajaan Mataram. Ritual Sedekah Bumi Surabaya sendiri, merupakan sebuah ritual yang di lakukan sebagai perwujudan dari rasa terimakasih atas hasil panen yang melimpah.

Sebenarnya masih banyak tempat di Kota Surabaya ini yang rutin mengadakan Ritual Sedekah Bumi Surabaya, namun sayangnya hal ini lepas dari pantauan masyarakat luas. Saat ini Pemerintah Kota Surabaya berupaya mengangkat kembali Ritual Sedekah Bumi Surabaya yang ada di seluruh penjuru kota. Hal ini di karenakan ritual budaya ini bisa menjadi magnet yang kuat untuk mendatangkan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun internasional.

Kelurahan yang rutin mengadakan Ritual Sedekah Bumi Surabaya yaitu: Kelurahan Jeruk, Kelurahan Sonokwijenan – Kecamatan Sukomanunggal, Kelurahan Lidah Wetan ,Kelurahan Made, Kelurahan Tandes,Kelurahan Simomulyo, Kelurahan Gadel.

Dengan adanya Ritual Sedekah Bumi yang ternyata masih ada di Kota Surabaya ini, membuktikan bahwa warga Kota Surabaya tidak pernah melupakan tradisi yang sudah berlangsung sejak jaman nenek moyang. Bahkan tradisi ini bisa berjalan ber-iringan dengan perkembangan Kota Surabaya yang mengarah menjadi Smart City.

Source Tradisi Sedekah Bumi Surabaya Kabar Surabaya
Comments
Loading...