Tradisi Sebaran Apem Keong Mas Pengging Boyolali

0 284

Tradisi Sebaran Apem Keong Mas Pengging Boyolali

Indonesia mempunyai beragam tradisi yang unik dan luar biasa. Mulai dari sabang hingga merauke bisa kita temukan dan mengenal banyak tradisi yang ada ini. Seperti di Boyolali, ada tradisi Tradisi Sebaran Apem Keong Mas tepatnya ini berlangsung di Pengging, Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah. Tradisi Sebaran Apem dilakukan pada saat bulan Sofar ( Sapar=Jawa) maka istilah tradisi itu adalah Saparan Sebaran Apem Keong mas. Dilaksanakan di kawasan objek wisata Pengging tepatnya di lingkungan Masjid Cipto Mulyo pada hari jumat.

Upacara ini merupakan tradisi memperebutkan Apem Kukus Keong Mas yang berasal dari Bupati Boyolali kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian tradisi atau budaya untuk pelestarian budaya peninggalan nenek moyang tradisi ini berawal dari cerita konon kabarnya para petani didaerah Pengging merasa susah hatinya tatkala melihat hasil panenan yang diharapkan gagal akibat hama keong mas, upaya upaya untuk memberantas keong mas ini berulang kali gagal akhirnya para petani mengadukan nasibnya kepada R. NG Yosodipuro, oleh beliau disarankan agar para petani memasak (kukus=jawa) apem dan dibagi bagikan kepada orang lain dengan harapan dan doa kepada Yang maha Kuasa agar dihindarkan dari hama keong mas ini.

Dan akhirnya para petani membuat Apem dan dibagi bagikan orang lain akhirnya berkat doa dan ikhtiar ini hama keong mas berhasil dimusnahkan sebagai tanda rasa syukur setiap bulan Sapar diadakan tradisi ini dengan makna bahwa hanya kepada Yang Maha Kuasa senantiasa berdoa dan memohon.

Source Tradisi Sebaran Apem Keong Mas Pengging Boyolali Asedino
Comments
Loading...