Tradisi Sangjit, tradisi Tionghoa yang masih eksis di Indonesia Jawa Barat

0 35

Tradisi Sangjit, tradisi Tionghoa yang masih eksis di Indonesia

Tradisi Sangjit adalah salah satu prosesi pernikahan dalam budaya Tionghoa, tak terkecuali keturunan Tionghoa di Indonesia. Dalam bahasa Indonesia, sangjit berarti proses seserahan atau lamaran dari pihak keluarga mempelai pria dengan membawa “persembahan” ke pihak keluarga mempelai wanita.

Tradisi ini merupakan salah satu dari banyak tradisi yang dibawa oleh orang-orang Tionghoa yang bermigrasi dari negeri Tiongkok ke Indonesia. Tradisi ini pun tidak melekat pada kepercayaan agama tertentu, walaupun sudah banyak diantara warga etnis Tionghoa yang memeluk agama lain seperti Kristen, katolik dan lain lain, mereka tetap melakukan tradisi ini sebelum melakukan pernikahan.

Sangjit dilakukan sebelum hari pernikahan. Hari sangjit ini didiskusikan bersama oleh kedua pihak mempelai. Dalam prakteknya saat ini, tradisi ini seringkali ditiadakan atau digabungkan dengan prosesi lamaran yang terkesan lebih moderen.

Adapun tata cara dalam prosesi sangjit sebagai berikut :

  1. Calon mempelai pria biasanya mengenakan kemeja berwarna merah dan calon mempelai wanita mengenakan dress berwarna merah.
  2. Wakil keluarga wanita beserta penerima baki menunggu didepan pintu rumah
  3. Dipimpin oleh anggota keluarga yang dituakan, rombongan pria pun datang membawa baki hantaran ke rumah wanita. Rombongan ini biasanya wakil keluarga yang belum menikah menjadi pembawa nampan seserahan.
  4. Seserahan atua baki diberikan satu persatu secara berurutan.
  5. Lalu seserahan diterima dan dibawa ke dalam kamar untuk diambil sebagian.
  6. Ramah tamah dilakukan setelah itu, biasanya pihak keluarga wanita juga menyiapkan makan siang.
  7. Terakhir, seserahan yang telah diambil sebagian oleh pihak wanita diserahkan kembali pada para pembawa seserahan. Dan sebagai balasannya, keluarga wanita pun memberikan seserahan pada keluarga pria berupa manisan dan berbagai keperluan pria.
Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Tradisi-Sangjit-tradisi-Tionghoa-yang-masih-eksis-di-Indonesia/
Comments
Loading...