Tradisi Salaman Hari Raya di Tanah Jawa

0 37

Tradisi Salaman Hari Raya di Tanah Jawa

Umat muslim di Indonesia, kususnya di daerah jawa memiliki tradisi bersalam-salaman setelah melaksanakan shalat ied. Terutama setelah shalat ied saat idul fitri maupun setelah shalat ied saat idul adha.

Setelah melaksanakan shalat berjamaah 2 rakaat dan mendengarkan khutbah, jamaah akan berdiri dan bersalam salaman. Di mulai dari imam, lalu shaf pertama, dilanjut shaf ke dua dan seterusnya sampai shaf paling belakang. Imam akan memgikuti jalur shaf sehingga dapat bersalaman dengan semua jamaah, setiap jamaah yang telah bersalaman akan megikuti imam dana melanjutkan bersalaman hingga ke shaf yang paling belakang. Ikwan dan akhwat tidak di satukan, keduanya punya jalur masing masing.

Kegiatan ini memiliki tujuan untuk memeperkuat tali silaturahmi atau dengan kata lain persaudaraan. Setelah melaksanakan kegiatan ini di harapkan jadi saling mengenal atau setidaknya tau siapa saja orang yang berada di daerahnya. Jauhnya lagi bisa tau kabar, terutama orang orang yang sedang ditimpa musibah, sehungga orang tersebut bisa mendapatkan bantuan dari saudara saudaranya.

Tradisi ini dimulai sejak hadirnya walisongo yang menanamkan dengan dibalut rasa persaudaraan yang tinggi sesuaikarakter orang Indonesia.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Bersalam-salaman-di-hari-raya/
Comments
Loading...