Tradisi Ruwat Bumi Desa Purwahamba Kecamatan Suradadi Tegal

0 60

Tradisi Ruwat Bumi Desa Purwahamba Kecamatan Suradadi Tegal

Ruwat Bumi atau juga dapat disebut dengan nama sedekah bumi yang diadakan di Desa Purwahamba adalah sebuah tradisi yang dilakukan rutin oleh Desa Purwahamba setiap tahunnya tepatnya pada Bulan Muharram dalam Penanggalan J awa. Adalah Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) sebagai penggerak dari kegiatan sedekah bumi ini.  Ruwat bumi Desa Purwahamba ini dilaksanakan di Objek Wisata Purwahamba Indah atau biasa disingkat dengan nama Pur’in. Diawali dengan diadakannya upacara yang dihadiri oleh para peserta Ruwatan Bumi yang diadakan di depan Objek Wisata Pur’in dengan dipimpin oleh dari Bupati Tegal.

Dalam Ruwatan Bumi Pur’in ini akan diakhiri dengan penampilan Wayang Golek, hal ini juga yang menjadi daya tarik tersendiri dalam acara tradisi Ruwatan Bumi Ini. Setelah upacara dilaksanakan maka acara selanjutnya yaitu dengan mengadakan pawai atau arak-arakan yang diikuti oleh para peserta Tradisi Ruwatan Bumi, dengan rutenya yaitu di Objek Wisata Purwahamba Indah peserta dalam tradisi ruwatan bumi ini terdiri dari 11 kelurahan yang berada di Kecamatan Suradadi. Namun begitu dalam setiap acara pasti mempunyai kendala sendiri-sendiri seperti halnya dalam pelaksanaan Tradisi Ruwatan ini salah satu kendalanya yaitu dari 11 kelurahan yang diundang terkadang hanya sekitar 6 kelurahan saja yang hadir, hal ini terkait dengan terbatasnya dana dalam acara Tradisi Ruwat Bumi tersebut.

Sedangkan tujuan dari diadakannya sedekah bumi ini adalah sebagai wujud rasa syukur masyarakat Desa Purwahamba terhadap hasil bumi yang didapat. Dengan tetap menjaga alam maka kita manusia juga akan dijaga oleh alam. Selain itu juga diadakan dengan tujuan untuk tetap melestariakan budaya yang ada dan juga untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang ada di Pur’in.

Source https://sejarahorison.wordpress.com https://sejarahorison.wordpress.com/2016/12/20/tradisi-lisan-ruwat-bumi-di-desa-purwahamba-kecamatan-suradadi-kabupaten-tegal-sebagai-rasa-syukur-atas-nikmat-tuhan-yang-melimpah/

Leave A Reply

Your email address will not be published.