Tradisi Ramadhan Pesta Kolak Ayam Gresik

0 160

Tradisi Ramadhan Pesta Kolak Ayam Gresik

Penyebaran agama Islam sejak puluhan abad silam ke negeri kita tidak melulu membawa kepercayaan, ritual dan amalan keagamaan, melainkan pula memberi jiwa, corak dan warna pada kebudayaan bangsa kita. Tatkala Islam berkembang di tanah air, ia sedari awal tidak serta merta secara apriori menolak kebudayaan lokal masyarakat yang telah berkembang sebelumnya. Karenanya kehidupan umat Islam dimanapun senantiasa mengandung aspek globalitas dan aspek lokalitas sekaligus.

Apabila kita cermati, para penyebar agama Islam di negeri ini dalam rentang sejarah perkembangannya memiliki kearifan luar biasa. Mereka mempunyai kesadaran budaya yang sangat tinggi. Budaya dan adat istiadat masyarakat setempat yang mereka temui tidak begitu saja ditentang dan dibuang. Bahkan mereka mampu mendorong terjadinya akulturasi budaya yang melahirkan kebudayaan rakyat (Indonesia) bernafaskan Islam yang khas. Kekhasan itu akan nampak pada keragaman ekspresi budaya dalam bentuk tradisi-tradisi masyarakat yang telah berurat-berakar sejak dulu kala dan lestari hingga kini.

Salah satu contohnya yakni tradisi pesta kolak ayam di Masjid Goemeno yang terletak di Desa Gumeno Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik Jawa Timur. Acara Pesta Kolak Ayam di Masjid Goemeno Gresik bernuansa religi diadakan pada setiap tanggal 23 Ramadhan (bulan puasa) atau “malem patlikur” (malam tanggal dua puluh empat). Dan telah berlangsung ratusan tahun lamanya semenjak peristiwa pertama pada 1451 Masehi. Pada tanggal tersebut masyarakat Desa Gumeno memiliki tradisi memasak kolak ayam atau orang sana menyebut “sanggring”.

Source https://warunggresik.wordpress.com/ https://warunggresik.wordpress.com/category/tradisi-gresik/
Comments
Loading...