Tradisi Pingitan Di Jawa Timur

0 117

Tradisi Pingitan Di Jawa Timur

Jawa Timur yang memiliki luas wilayah sekitar 47.922 km² dan jumlah penduduknya sekitar 42.030.633 jiwa ketika disensus pada tahun 2017. Provinsi ini memiliki wilayah paling luas di antara 6 provinsi yang ada di Pulau Jawa dan memiliki total penduduk yang terbanyak kedua setelah Jawa Barat di Indonesia.

Dengan angka-angka tersebut, tentunya Jawa Timur memiliki budaya dan tradisi yang begitu kaya. Salah satu budaya dan tradisi di Jawa Timur yaitu Pingitan. Pingitan berasal dari kata pingit yang berarti mengurung diri di dalam rumah.

Apakah cuma berdiam diri saja di dalam rumah? Justru pingitan adalah sebuah pendidikan bagi wanita yang beranjak dewasa sampai akan menikah. Pada saat itulah wanita mulai belajar bekerja membantu ibu di dapur dan belajar urusan rumah tangga.

Dan khususnya dalam pernikahan, pingitan ini bertujuan untuk menjaga wanita tetap suci dan terhindar dari marabahaya. Karena, kata Orang Jawa Kuno, orang yang akan menikah itu rentan oleh penyakit yang nggak terlihat (sambekala, sarap dan sawan). Dengan kata lain, sesuatu yang bisa membuat kecemasan dan halangan.

Namun, sekarang ini sudah jarang yang melakukannya. Karena, kesibukan dari si wanita yang kebanyakan adalah wanita karir dan libur cutinya nggak boleh terlalu lama. Karena pingitan prosesnya lama, ada yang 1-2 bulan dan paling singkat 7 hari.

Source https://www.idntimes.com/ https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/riyan-sumarno/tradisi-jawa-timur-c1c2/full
Comments
Loading...