Tradisi Petik Laut Pasuruan

0 69

Tradisi Petik Laut Pasuruan

Nelayan di pesisir pantai utara Kota Pasuruan merayakan tradisi ‘petik laut’ dan syukuran atas hasil tangkapan ikan yang melimpah. Ribuan keluaga nelayan yang diangkut 92 kapal tersebut beriringan menuju perairan di Selat Madura.

Sepotong kepala sapi dan nasi tumpeng yang dihias dalam replika perahu dilarung ditengah laut. ‘Petik laut’ ini diselenggarakan masyarakat pesisir sebagai ungkapan rasa syukut kepada Tuhan yang telah memberikan rezeki kepada para nelayan atas hasil tangkapan laut yang menjadi mata pencahariannya.

Selain sebagai tradisi yang sudah turun temurun tersebut, petik laut ini merupakan rangkaian dari perayaan Hari Jadi Kota Pasuruan ke 331 tahun. Petik laut ini juga sebagai salah satu hiburan keluarga dan masyarakat pesisir untuk menikmati suasana dan keindahan laut.

Ada sebanyak 92 kapal yang ikut mengiringi larung sesaji ini. Para nelayan mengajak keluarga dan masyarakat pesisir ikut menyaksikan dan merayakan petik laut yang telah menjadi tradisi turun temurun.

Tradisi petik laut diadakan sebagai upaya dan kepedulian melestarikan tradisi masyarakat nelayan. Dalam tradisi yang menjadi pesta para nelayan tersebut, mereka juga menghias kapal dengan berbagai bendera dan umbul-umbul pada kapal yang sehari-hari dipergunakan untuk mata pencahariannya.

Source Tradisi Petik Laut Pasuruan Okezone News
Comments
Loading...