Tradisi Pernikahan Adat Tangerang Selatan : Mapag Jawadah

0 60

Tradisi Pernikahan Adat Tangerang Selatan : Mapag Jawadah

Wilayah Tangerang Selatan merupakan daerah pemekaran dari wilayah Tangerang. Wilayah Tangerang Selatan dikenal sebagai wilayah yang padat dengan penduduknya. Segala macam aktifitas juga bisa kita temukan di Tangerang Selatan ini. Di Tangerang Selatan ini kita bisa menemukan beberapa upacara tradisional yang unik yang sering dilakukan oleh masyarakat Tangerang Selatan.

Salah satu upacara tradisional dalam acara tradisi pernikahan yaitu Mapag Jawadah. Mapag Jawadah adalah prosesi dimana pihak pengantin perempuan akan mendatangi rumah pihak pengantin laki – laki untuk menjemput aneka makanan kecil yang biasa disebut Jawadah yang terdiri atas kue lapis, pisang setandan, tebu wulung, tumpeng kecil dari beras ketan dan sebagainya.

Dalam perjalanan menuju pulang ke rumah pengantin perempuan, seluruh rombongan akan bernyanyi dan bersholawat di sepanjang perjalanannya. Kedua pengantin selajutnya diarak menuju ke rumah pengatin perempuan yang didampingi keluarga kedua belah pihak serta membawa Jawadah.

Sambil diringi lantunan Marhaban, kedua pengantin juga bermaksud diperkenalkan dengan masyarakat sekitar. Mapag sendiri berarti menjemput, sedangkan Jawadah adalah makanan ringan atau makanan kecil. Tak heran jika prosesi upacara ini disebut dengan istilah Mapag Jawadah.

Source http://miner8.com/id/26018 https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2014/07/05/prosesi-pernikahan-adat-banten/

Leave A Reply

Your email address will not be published.